Senin, 21 Desember 2015

Pengalaman MPASI Anakku

Memasuki masa MPASI ternyata tidak kalah menantangnya dengan ketika memperjuangkan ASI eksklusif untuk Azzam.  Butuh waktu 2 bulan bagi saya untuk mengajarkan Azzam makan dengan baik dan nyaman.
 Berbagai buku mengenai panduan MPASI saya baca tapi kenyataan kadang tak semanis teori maka buuh improvisasi sana sini kadang hanya untuk agar bayi mau makan.
Pada dasarnya terdapat dua panduan MPASI yaitu menurut teori food combining dan menurut WHO. Untuk memilih keduanya semua tergantung orang tua masing-masing. Yang jelas keduanya baik untuk bayi. Saya memilih food combining dan buku yang saya pakai buku karangan Wied Harry Apriadji. Buku panduannya lengkap mulai dari persiapan alat, resep, kandungan gizi dari makanan, apa yang boleh dan yang tidak boleh untuk bayi.

Mungkin ada masanya bayi GTM ato gerakan tutup mulut, pada saat ini terjadi berikan apa yang dia mau asal tidak membahayakan seperti makanan pedas, rumah suasana saat makan misalnya sambil bermain dan jalan-jalan. Ketika pola makannya mulai normal kembali cepat ajarkan kembali cara makan yang benar, duduk di highchair atau boosterchair dan perhatikan kembali gizi makanan nya. Untuk gizi aku sudah pernah share diskusi tentang gizi disini.
Selamat berjuang moms.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar